THE PURSUIT OF HAPPYNESS


Sutradara: Gabriele Muccino | Tahun: 2006

Pengaduk emosi tentang perjuangan tanpa henti untuk memperbaiki nasib. Tahun 1981 di kota San Francisco, bersamaan dengan sedang hebohnya permainan kubus puzzle warna-warni ala Rubik. Kisah nyata tentang seorang pria Afro-Amerika bernama Christopher Gardner (Will Smith). Dia adalah salesman Bone Density Scanner, alat pengecek tulang. Ternyata perkiraan investasi tak berjalan sesuai rencana. Teknologi lebih baru yaitu alat rontgen membuat alat itu nggak diminati lagi.

Jalan hidup Gardner berubah drastis. Dia kehilangan rumah karena tak mampu membayar cicilan, akun bank dan kreditnya pun diblokir. Yang buat keadaan lebih parah...istrinya malah kabur ke New York, meninggalkan Gardner dan anak lelakinya bernama Christopher (Jaden Smith).

Dalam keadaan terpepet, pria ini terpaksa hidup di jalanan, berpindah-pindah tempat tinggal dari motel, tempat penampungan, gereja, dan stasiun kereta bawah tanah. Meski sulit, dia tetap menghibur anaknya yang belum paham masalah pelik yang dihadapi.

Sembari terus berusaha menjual mesin pengecek tulang itu, Gardner mendapat peluang untuk menjadi broker saham di perusahaan Dean Witter. Tanpa gaji selama 6 bulan, dia rela mengikuti pelatihan bersama 20 kandidat lainnya. Dia terus berjuang demi satu kata yang tercantum dalam konstitusi Amerika Serikat, bahwa setiap orang –tanpa pandang warna kulit– mempunyai hak untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup.





ULASAN

APA KATA ROOMEY?
Mempunyai nilai lebih jika ditonton sekarang sebab satu kemustahilan sudah terwujud dalam tingkat kenegaraan AS, Obama menjadi Presiden kulit hitam pertama yang dulu pasti masuk kategori amat mustahil. Kalau biopik ALI dianggap sebagai fase pemanasan buat Will Smith untuk beralih menjadi aktor watak, maka film ini adalah laga utamanya. Suasana jiwa beserta segala emosi yang dirasakan Christopher Gardner betul-betul berhasil diterjemahkan dengan hebat, sehingga kepedihan dan perjuangan hidup tokoh itu terlihat nyata di layar. Nih film juga debut Jaden Smith yang notabene adalah anak kandung Will Smith. Mungkin beberapa tahun dari sekarang jikalau Smith junior menjadi aktor sukses, penikmat film bakal rela mencari The Pursuit of Happyness sebagai cikal bakal karier aktingnya.


Putusan: Akting memukau...membuat bergetar. Sangat layak disaksikan bersama keluarga.
 

1 komentar:

Nophie Oppa mengatakan...

,akku sampe nangis nonton film ini :(
sumpah film ini bagus banget, wajib di tonton :D

Posting Komentar