3 IDIOTS

Sutradara: Rajkumar Hirani | Tahun: 2009

Cerita India tanpa obral tarian dan kesengsaraan. Bila ada yang sedang mencari makna antara passion dengan pendapat publik tentang bagaimana seseorang seharusnya menggapai sukses, inilah tontonan yang pas. Digambarkan menurut pandangan umum, hanya ada dua pilihan sebagai penduduk India jika mau hidupnya sukses. Kaum pria harus jadi insinyur, sementara wanita identik dengan profesi dokter.

Tiga sahabat berlatarbelakang beda dipertemukan dalam satu nasib, kuliah di jurusan teknik Imperial College of Engineering, salah satu universitas terbaik di India. Farhan Qureshi (R. Madhavan) sebetulnya ingin jadi fotografer satwa liar, tapi mengurungkan niatnya demi memuaskan harapan sang ayah. Raju Rastogi (Sharman Joshi) bertekad menaikkan status ekonomi keluarganya dari kemelaratan. Di kampus itu, keduanya bertemu dan berteman akrab dengan Rancho (Aamir Khan), seorang jenius berjiwa bebas yang nampaknya ugal-ugalan, sering protes, dan membangkang berbagai aturan.

Tentu saja cara pendekatan yang diusung Rancho dalam mempelajari ilmu membentur nilai-nilai konvensional. Musuh utamanya adalah dekan ‘kejam’, Profesor Viru Sahastrabudhhe yang dijuluki ViruS. Si dekan mencap tiga sahabat itu sebagai 3 makhluk idiot. Pertentangan diperuncing oleh mahasiswa teladan yang rela melakukan apa saja demi keuntungan pribadi, Chatur Ramalingam alias “Silencer”.

Sementara itu, Rancho jatuh cinta kepada Pia (Kareena Kapoor) yang tak lain merupakan anak perempuan Profesor ViruS yang berprofesi sebagai dokter. Satu harapan yang sepertinya mustahil terwujud. Seiring kisah berjalan, konflik semakin gencar mengalir dan mendapat konsekuensinya masing-masing. Perlahan, satu demi satu rahasia tiap tokoh utamanya juga terungkap.  
YAAR...AAL IZ WELL !!!



ULASAN

APA KATA ROOMEY?
Film India Terbaik Kedua setelah Slumdog Millionaire dari tahun 2009. Kekuatan passion amat terasa lewat drama komedi ini. Antara himpitan ekonomi, status sosial, berusaha mewujudkan mimpi tapi terbentur keinginan orangtua. Memang tetap ada adegan menari khas Bollywood, tapi masih dalam taraf kewajaran untuk ilustrasi cerita. Beberapa kejadian mustahil juga hadir, seperti ketika tiga sekawan ini membantu proses kelahiran bayi dengan vakuum cleaner dalam keadaan mati lampu. Banyak situasi yang khas kehidupan di negara dunia ketiga yang membuat kita ketawa sekaligus patut direnungkan. Intinya, terus ikuti kata hati tanpa terlalu mempedulikan pandangan orang lain.

 
Putusan: Seru, lucu, penuh makna persahabatan, inspiratif. Asik ditonton bareng teman, keluarga, atau dengan pasangan.

0 komentar:

Posting Komentar