PULP FICTION


Sutradara: Quentin Tarantino | Tahun: 1994
16 tahun setelah tayang perdana, kesegaran film ini tidak memudar. Gaya penceritaannya memberi pengaruh pada film-film dekade ’90-an. Percampuran antara post-modern noir, humor gelap nan kasar dan budaya pop zaman itu.

Jules Winnfield (Samuel L. Jackson) dan Vincent Vega (John Travolta) adalah dua orang bayaran dengan misi mengambil koper yang dicuri dari majikan mereka, Marcellus Wallace (Ving Rhames). Si Bos juga menyuruh Vincent untuk mengajak istrinya Mia (Uma Thurman) bersenang-senang selama dirinya berbisnis ke luar kota.

Sementara itu Butch Coolidge (Bruce Willis) merupakan petinju bermasalah yang dibayar Wallace untuk “mengalah” pada pertandingan selanjutnya. Tapi dia ternyata punya misi sendiri untuk mengambil uangnya lalu kabur dari cengkraman Wallace.

Film bermula dan berakhir di tempat yang sama, yaitu saat sepasang kekasih, Honey Bunny dan Pumpkin, secara spontan berniat untuk merampok pengunjung di sebuah restoran. Jalinan cerita yang sepertinya tidak nyambung ini diracik sedemikian rupa sehingga tokoh-tokohnya terhubung lewat serangkaian kejadian.




ULASAN

APA KATA ROOMEY?
Karya fenomenal yang menjadi tempat lahirnya kembali John Travolta, setelah kejayaan era Saturday Night Fever dan Grease. Inilah film kedua (setelah Reservoir Dogs) berkarakter ala Quentin Tarantino. Penggunaan narkoba, berantem kasar, kata-kata yang awam dipakai pada obrolan sehari-hari, nongolnya sang sutradara sebagai salah seorang karakter dalam film, serta darah yang diumbar sepanjang cerita menjadi ciri khasnya. Pembagian babak dengan layar polos dan tulisan besar (seperti bab dalam buku) juga keunikan Tarantino karena itu pula yang hadir pada film-film selanjutnya termasuk Kill Bill dan Inglourious Basterds. Jurus joget ala Travolta dan Thurman dalam Pulp Fiction sempat menjadi tren muda-mudi pada pertengahan ’90-an. Adegan favorit gw adalah ketika Vincent Vega secara nggak sengaja menembak bocah di kursi belakang mobil. Itu tidak sadis, tapi konyol.


Putusan: Pas ditonton berame-rame, sambil santai dan makan BBQ.

0 komentar:

Posting Komentar