INCEPTION


Sutradara: Christopher Nolan | Tahun: 2010
Dunia mimpi selalu menjadi misteri. Saat teknologi sudah memungkinkan untuk masuk otak manusia, sebuah ide bisa dicuri dan dimanipulasi dalam alam bawah sadar seseorang. Itulah profesi yang dijalani Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) sebagai pencuri mimpi tingkat tinggi. Dia mampu merampas rahasia-rahasia paling berharga dari seorang pebisnis berkaliber top sekalipun.

Keahlian langka ini membuat Cobb menjadi tokoh penting dalam dunia spionase antar-perusahaan yang amat membutuhkan jasanya. Tapi dia juga buronan internasional paling diburu. Misi terakhir Cobb yang diberikan Saito (Ken Watanabe) berisiko tinggi. Demi merampungkannya, dia membentuk tim spesial yang terdiri dari rekan sejatinya (Joseph Gordon-Levitt), desainer mimpi (Ellen Page), jagoan menyamar (Tom Hardy), dan ahli bius (Dileep Rao). Alih-alih mencuri, mereka harus menanamkan sebuah ide –proses ini disebut inception– ke pebisnis Cillian Murphy (Robert Fischer) yang dapat mengubah satu keputusan penting dalam persaingan usaha di dunia nyata.

Namun, misi itu sangat berat untuk diselesaikan. Selain “pertahanan” alam bawah sadar yang dimiliki si empunya mimpi, ada satu musuh pribadi yang mesti diatasi sendiri oleh Dom Cobb. Suatu kejadian kelam yang berhubungan dengan sang istri (Marion Cotillard) di masa lalu, membuatnya terjebak dalam mimpi dan sulit untuk kembali ke dunia nyata.

Kehebohan visual dan konsep gila menjadi kekuatan film besutan kreator The Dark Knight ini. Bayangkan, penonton amat mungkin merasa terombang-ambing saat menelusuri dunia mimpi dengan segala konsekuensinya. Ada beberapa level alternatif yang bisa dijalani, seperti pada video game. Ironi dan aroma psikologis juga kental terasa.


ULASAN

APA KATA DEKEPIKS?
Jelas merupakan film yang tidak akan gw tonton dalam waktu dekat ini. Kayaknya penilaian tinggi yang dikasih orang sesudah menonton karya sinema ini sudah cukup bagi gw untuk mengetahui alur ceritanya tanpa perlu menonton. Itulah efek yang diciptakan sebuah film fenomenal seperti Inception. Biarpun belum pernah nonton dan nggak tau mau ngomong apa, ada baiknya kalo lo yang kasih tau gw...dimana letak kesalahan film ini.

APA KATA ROOMEY?
Sulit dijelaskan dengan kata-kata. Yang pasti penulis sekaligus sutradara film ini seorang pemimpi dengan tingkat imajinasi akut. Tiap aspek mimpi divisualisasikan secara apik. Kalau nggak punya banyak waktu untuk menguras otak dalam memahami ceritanya, mending tunggu waktu yang pas. Menonton film model begini harus tenang, fokus, dan tidak bisa sambil ngobrol. Coba tonton beberapa kali untuk lebih meresapi pesan yang mau disampaikan. O iya, setelah itu cari film ringan dari genre komedi supaya otak kembali segar.

Putusan: Film kelas berat yang layak dinikmati. Salah satu karya sinema 2010 wajib tonton.

0 komentar:

Posting Komentar