IT MIGHT GET LOUD

Sutradara: Davis Guggenheim | Tahun: 2008
Jarang ada dokumenter tentang musik yang asyik seperti ini. Dimulai dengan bertemunya tiga gitaris jago dari tiga generasi berbeda, berkumpul di satu ruangan yang mirip gudang dengan interior sederhana. Mereka adalah Jimmy Page (Led Zeppelin), The Edge (U2), dan Jack White (The White Stripes/The Raconteurs).

Seiring film bergulir, masing-masing bercerita tentang awal perkenalan dengan instrumen gitar, gaya bermain, bagaimana menciptakan tata suara alias sound unik yang menjadi ciri khas, dan sekelumit perjalanan karier band tempat mereka bernaung.

Berfokus pada sisi musikalitas ketiga gitaris asal 3 negara (Inggris, Irlandia dan AS). Menggiring penonton lebih bisa memahami revolusi sound yang mereka usung, mengunjungi lokasi-lokasi nostalgia yang membentuk tiap pribadi sebagai musisi, lalu menyaksikan diskusi langka tentang pengalaman masing-masing dalam menulis dan memainkan sederet lagu. Terakhir, penonton disuguhkan kolaborasi ketiganya lewat satu lagu energik dengan gaya yang saling menimpali secara elok.



ULASAN
APA KATA ROOMEY?
Dari ketiga gitaris yang muncul, paling kenal sama The Edge karena gw penggemar U2. Senangnya bisa lebih memahami kisah mereka dari zaman masih cupu sebagai band sekolah di Dublin. Lagu anti-perang Sunday Bloody Sunday juga dijelaskan asal mulanya. Gw tau Jimmy Page lebih karena ketenaran Led Zeppelin, meski sampai sekarang bukan penikmat musik mereka. Lucu aja lihat Jimmy Page muda masuk acara TV hitam-putih dan bisa lihat metamorfosis beliau sebagai gitaris. Sementara Jack White, setelah nonton dokumenter ini gw jadi pengen mengeksplorasi lagu-lagunya di White Stripes maupun bersama The Raconteurs
Keren dan puas. Layak ditonton terutama oleh para penggemar rock.

APA KATA DEKEPIKS?
Wowww....Gw nggak bisa main gitar, nggak terlalu ngeh sama musik Led Zeppelin dan White Stripes, cuma tau sedikit lagu-lagu U2. Tapi setelah menyaksikan kemampuan klasik ala Jimmy Page, kepandaian The Edge memunculkan bunyian ajaib, dan sisi tradisional yang serba eksperimen dari Jack White menyatu di sebuah jam session... Gw rasa nggak butuh waktu lama untuk membuat film ini menggamit predikat "lebih dari sekedar dokumenter biasa".

Putusan: Setiap musisi rasanya bakal senang menonton film ini. Enaknya disaksikan bareng teman-teman penikmat musik rock.

0 komentar:

Posting Komentar