LOCK, STOCK & TWO SMOKING BARRELS


Sutradara: Guy Ritchie | Tahun: 1998
Semua serba pertama. Maksudnya ini adalah film layar lebar pertama yang disutradarai Guy Ritchie dan menjadi debut karier film bagi dua mantan atlet kebanggaan Inggris, Vinnie Jones dan Jason Statham.

Kisah berkutat pada empat sekawan berlogat Cockney, yaitu Eddy (Nick Moran), Soap (Dexter Fletcher), Tom (Jason Flemyng) dan Bacon (Jason Statham). Si Eddy pemain kartu paling top dan bersama ketiga sahabatnya memutuskan untuk berjudi £25,000 melawan penjahat lokal, Hatchet Harry (P.H. Moriarty). Yang tidak disadari adalah Eddy ternyata dijebak lalu kalah telak dalam pertandingan kartu itu.

Sekarang mereka terbelit utang sebesar £500,000 dan mesti dilunasi dalam tempo satu minggu! Salah satu ancaman jika gagal ditebus, bar milik ayahnya Eddy akan menjadi milik Harry.

Maka geng itu berdiskusi tentang skenario perampokan paling aman yang bisa meloloskan mereka dari ancaman Hatchet Harry. Secara nggak sengaja terdengar percakapan bahwa tetangga mereka berniat melakukan pencurian besar. Berarti inilah rencana sempurna: merampok hasil curian dari tetangga sebelah rumahnya tersebut.

Idenya simpel, namun prakteknya jauh lebih kompleks dari yang dibayangkan. Berbagai pihak dalam pusaran kejahatan saling terkait. Antara lain ada Big Chris (Vinnie Jones), Rory Breaker, Dog, dan Barry the Baptist, yang saling bantai demi kepentingan masing-masing. Empat sekawan tadi terjebak di tengah-tengah situasi kacau balau dan berusaha keluar serta terhindar dari kejaran polisi.


ULASAN
APA KATA ROOMEY?
Kalau nggak betul-betul diikuti, bisa tersesat karena tokohnya lumayan banyak. Tapi buat gw penikmat bahasa dengan bermacam aksen, tentu nih film kudu disimak. Medoknya dialek London bagian Timur dibumbui dengan cerita mafia jalanan yang seru, disokong para pemeran top (termasuk Sting yang jadi ayahnya Eddy)...lengkap sudah kekacauan yang layak tersaji dalam sebuah film gangster. Gaya khas Guy Ritchie terutama penggunaan slow-motion pada beberapa adegan juga bisa diserap. Untuk mempersingkat waktu, begini rangkumannya: 
Tom and Eddy eat Bacon with Soap, if you know what I mean. Oi lads...watch it !!
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya juga suka film ini, kebetulan saya ada koleksinya, silahkan kunjungi blog saya :D
Lock, Stock and Two Smoking Barrels [ 1998 USA BrRip 1080p YIFY Audio English Subtitle English, Indonesia 1640 MB ]

http://bioskop21free.blogspot.com/2014/10/lock-stock-and-two-smoking-barrels-1998.html

Koleksi juga: 500 Film Terbaik Sepanjang Masa

Posting Komentar