THE FALL


Sutradara: Tarsem Singh | Tahun: 2006
Lupakan sejenak EAT PRAY LOVE yang sempat digembar-gemborkan karena ada Bali. Jika mau menyaksikan dinamika tari kecak dan keindahan alam pulau Dewata, maka inilah yang pantas ditonton. Secara komersil nggak begitu terdengar, terlebih karena sifatnya sebagai karya sinema independen.
 
Tahun 1920an di RS. Los Angeles, seorang bocah perempuan berusia 5 tahun sedang menjalani masa penyembuhan lengannya yang patah. Namanya Alexandria (Catinca Untaru). Dia kemudian berteman dengan pasien lain, Roy Walker (Lee Pace), cedera akibat aksinya sebagai stuntman, sekaligus sedang patah hati karena ditinggal sang kekasih yang lebih memilih aktor utama film.

Sambil menunggu kesembuhan, Roy menceritakan beragam dongeng kepada Alexandria. Tentang Kaisar Alexander dan cerita kedua soal enam tokoh: Luigi sang ahli bom; bangsa Indian; budak pelarian; ahli pedang asal India; sekelumit kisah Charles Darwin dan petualangan Black Bandit melawan Gubernur Odious yang kejam.

Ini bukan dongeng biasa...sebab sebetulnya setiap dongeng yang diceritakan Roy mengandung karakter-karakter dari kehidupan nyata. Alexandria makin tertarik dengan penuturan Roy, hingga dia rela melakukan apa saja asal dongeng tersebut berlanjut. Termasuk mengakomodir permintaan Roy akan obat-obat berdosis tinggi di Rumah Sakit, dalam upayanya untuk bunuh diri. Batas antara kenyataan dan dunia dongeng menjadi kabur, hingga misteri tentang apa yang sebenarnya terjadi mulai terkuak.

ULASAN

APA KATA ROOMEY?
Pemanjaan sisi visual yang fantastis menjadi menu utama The Fall. Bukan hanya tari kecak dan alam Bali yang disajikan secara indah, tapi juga sejumlah tempat hebat layak kunjung di dunia. Sebab syuting film ini dilakukan pada 26 lokasi di 18 negara. Sebut saja Spanyol, Turki, Mesir, Ceko, Tunisia dan negeri elok lainnya. Jalan cerita cukup ringan, lucu dan terkadang tragis...tapi perpaduan antar-adegan di banyak tempatlah yang sungguh dahsyat.


Putusan: Dongeng bahagia-sedih dengan visualisasi amat mumpuni. Layak disaksikan siapa pun bersama siapa saja, terutama penikmat keindahan tingkat tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar